Minggu, 10 April 2016

Metode Terpadu dalam Panti Rehabilitasi Narkoba

Terapi permainan di Pusat Panti Rehabilitasi Narkoba,
Madani Mental Health Care, Jakarta
Aplikasi berbagai program keagamaan di pusat panti rehabilitasi bagi para pecandu narkoba merupakan sebuah hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Sebenarnya banyak hal yang menjadi faktor penunjang untuk meningkatkan kepulihan kesehatan para pecandu narkoba. Penerapan aplikasi dimensi keagamaan di panti rehabilitasi narkoba memang, hari ini sudah banyak pihak yang menyetujuinya. Namun demikian, masih tetap ada pihak yang masih saja meragukan bahkan menentang hal tersebut.

Selain itu, beragamnya tinjauan konsep keagamaan antara pihak Barat dengan Timur, serta Islam, Kristen, dan agama lainnya. Berjenis-jenisnya korelasi pemahaman keagamaan dengan kesehatan para pecandu narkoba.

Banyaknya model terapi rehabilitasi pecandu narkoba. Belum lagi, tak menyeluruhnya penerapan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Ada juga, beragam penerapan terapi spiritual di panti-panti rehabilitasi narkoba. Serta, beragam manfaat ajaran Islam dalam terapi agama bagi para pecandu narkoba.

Untuk menjawab semua variasi di atas itulah maka kemudian lahir sebuah panti rehabilitasi bagi para pecandu narkoba bernama Madani Mental Health Care yang memiliki kemampuan untuk meracik dan memadukan semua unsur biologis-psikologis-sosial (kemasyarakatan)-spiritual tersebut demi memulihkan kesehatan para pecandu narkoba secara total.


Clinebell (1981) mengatakan, agama dapat menjadikan kehidupan para pecandu narkoba dalam kondisi yang nyaman dan tentram. Sehingga ketika pada suatu hari ia mendapatkan masalah dalam hidupnya, apalagi ia sampai pada kondisi stres, ia tidak kembali lagi mengonsumsi narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar