Selasa, 09 Mei 2017

“Permisi Bapak/Ibu, Anakmu Mau Pake Narkoba Dulu?” #Eh



(Catatan Forum Silaturahmi Keluarga Madani 3 Bagian Ke-15  Bersama Bunda Meilani Hermanto di Studio Madani, Kamis, 4 Mei 2017)

narkobacandu.blogspot.co.id – Bunda Meilani, “Waktu anak kita memakai narkoba, apakah minta izin terlebih dulu sama kita? Nggak kan!


Tapi sekarang kita harus menjaga dia dalam proses pemulihannya. Maka diajarkan dalam FSKM ini cara berkomunikasi dan metode menghadapi mereka. Sayangnya di Indonesia bicara terbuka seperti di FSKM belum menjadi perilaku dan budaya sehari-hari.


Coba kita bicarakan apa yang kita bicarakan di FSKM ini di tengah-tengah keluarga, belum tentu semua anggota keluarga merasa menerima dan nyaman dengan pembicaraan seperti ini.

Hari ini level hati dan emosi kita di FSKM adalah sama. Kita membicarakan pemulihan diri kita. Kita sampaikan masalah dan ketakutan yang kita rasakan tanpa ada beban dan malu pada peserta yang lain. Pembicaraan di sini begitu terbuka dan apa adanya. Bukan adanya apa.

Tidak semua anggota keluarga mau berperan sebagai partner dalam pemulihan anggota keluarga yang lain yang kena narkoba. ‘Ngapain gua pikirin dia’, ‘Ah bodo amat itu kan masalah dia, bukan masalah gua. Biar aja dia yang menghadapinya sendiri’.
Kita bukan hanya menghadapi dia aja tapi berhadapan dengan anggota keluarga yang lain. Memang capek terus terang menghadapi masalah narkoba ini.

Beruntung kita yang materi dan pelatihan dalam FSKM ini sudah mengalir dalam darahnya sehingga selalu punya cara dan kecerdasan untuk bersikap dan berkata yang tepat dengan setiap anggota keluarga.

Anak kita yang di panti rehab sudah ada yang jaga kok. Terserah nanti setelah keluar dari panti rehabilitasi tersebut dia mau pake ilmu itu atau tidak itu bukan lagi urusan keluarga. Itu merupakan pilihan dia sendiri.

Ada empat hal yang menjadi pemicu seorang mantan pecandu untuk kambuh lagi, yaitu:
1.      Suasana (condition)
2.      Tempat (place)
3.      Orang (people)
4.      Pikiran (think).“

Tidak ada komentar:

Posting Komentar